Brand Lokal Tidak Kalah Bersaing Dengan Brand-Brand Luar Negeri

the-entrepreneur 

(Pict Source: http://www.cognitionglobal.com/wp-content/uploads/2014/05/the-entrepreneur.jpg)

Tulisan yang berasal dari opini saya, mencoba mengangkat tentang brand-brand lokal yang terus menunjukkan pertumbuhan setelah mengikuti dan mengamati 2 events exhibition (JakCloth 2014 dan INACraft 2014) yang termasuk skala besar di Indonesia. Sebenarnya orang-orang Indonesia mampu membuat brand yang tidak kalah saing dengan brand-brand luar negeri. Beberapa sisi baik itu style, model & produknya sendiri bisa dibilang punya kualitas yang tidak bisa dibilang jelek, mungkin “Brand Awareness, Image & Reputasi” saja yang belum dibilang terbangun dengan baik.

Ambil contoh saja Apparel atau brand-brand luar negeri yang memiliki nama besar (saya tidak menyebut merek), mereka saja memproduksi produk mereka di Indonesia & bahan baku serta tenaga kerjanya juga dari Indonesia. Brand lokal yang merupakan produk dari negeri sendiri sudah pasti produksinya juga di Indonesia bukan? Berarti seharusnya brand lokal juga bisa, mungkin tidak seperti membalikkan telapak tangan untuk mencapainya tapi dengan perlahan saya rasa brand-brand lokal juga mampu seperti brand-brand luar negeri tersebut.

Orang Indonesia setahu saya dikenal dengan kreatifitasnya dalam hal apapun tapi mungkin hal terkadang masih dipandang sebelah mata & kurang dihargai oleh orang Indonesia sendiri. Sudah jadi realita sosial memakai brand luar negeri lebih terlihat gaya, keren, & bergengsi padahal produksinya di Indonesia juga. Perlahan kita sebagai bangsa Indonesia coba untuk lebih menghargai brand-brand lokal, setidaknya dengan memakai brand-brand lokal kita bisa menambah lahan pekerjaan, menghargai hasil kreatifitas & kerja keras mereka. Kalau ragu dengan kualitasnya, jaman sekarang serba social media & tiap brand-brand lokal pasti mencantumkan social media baik itu twitter, facebook bahkan instagram, kalau mengecewakan tinggal kita complain tetapi masa iya brand-brand lokal tersebut mau terlihat jelek oleh followersnya?

Mungkin penutup dari saya tidak panjang tetapi cukup “Support Brand Lokal”

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s